Penulis : Jenifer Perdana Kusuma, S.Pd
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah
Latar belakang masalah kurangnya motivasi peserta didik pada pembelajaran Teknik Dasar pada pekerjaan DPIB pada materi Alat Gambar dan Alat Ukur yaitu:
- Siswa belum dilibatkan aktif dalam pembelajaran.
- Guru belum menguasai model pembelajaran yang inovatif
- Guru kurang memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran
Tujuan Rencana Aksi
Meningkatkan Motivasi peserta didik menggunakan model pembelajaran yang tepat dan menerapkan media belajar yang mengikuti perkembangan teknologi sehingga dapat menciptakan suasana yang menyenangkan
Tantangan yang Dihadapi
- Siswa kurang aktif dilibatkan dalam proses pembelajaran.
- Guru kurang menguasai model pembelajaran dan media pembelajaran yang inovatif
- Guru kurang memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran
Aksi
Langkah-langkah yang dilakukan untuk menghadapi tantangan di atas adalah :
- Pemilihan Model Pembelajaran
- Strategi yang dilakukan guru dalam memilih model pembelajaran adalah dengan memahami karakteristik siswa dan karakteristik materi. Berdasarkan hal itu, saya memilih model pembelajaran Problem Based Learning. Karena model PBL kegiatannya berpusat pada siswa.
- Proses pemilihan model ini, pertama guru mempelajari apa saja model-model dalam pembelajaran, lalu memahami karakteristik siswa dengan melihat kemampuan dasar dan kebiasaan siswa. Lalu melihat karakteristik materi dengan mempelajari materi pembelajaran.
- Sumber daya yang diperlukan dalam pemilihan model ini antara lain pemahaman /kompetensi guru akan model pembelajaran PBL dan juga pemahaman guru akan materi pembelajaran yang mengacu pada TPACK dan HOTS
- Pemilihan Media Pembelajaran
- Strategi yang dilakukan guru dalam memilih media pembelajaran adalah dengan menggunakan media berbasis teknologi seperti media Gslide,Youtube dipakai untuk presentasi pembelajaran dan aplikasi Gform untuk tes pengetahuan siswa.
- Proses pembuatan media ini, pertama kali saya pelajari dari youtube karena Gslide bisa di akses lewat link google drive. Untuk pembuatan tugas, saya memilih aplikasi Gform dengan terlebih dahulu mempelajari cara penggunaannya di youtube kemudian saya membuat soal kuis dalam Gform untuk tes individu siswa dalam praktik pembelajaran ini dan hasil belajar bisa di tampilkan di akhir proses pembelajaran.
- Sumber daya yang diperlukan dalam pemilihan media Gslide dan Gform adalah internet dan kompetensi guru memahami cara kerja Gslide dan Gform
Refleksi Hasil Dan Dampak
Dampak dari aksi dari langkah-langkah yang dilakukan dirasa hasilnya efektif dan dapat dilihat dari :
- Siswa menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran
- Motivasi belajar siswa meningkat
- Pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, aktif, dan bermakna untuk siswa.
- Siswa berani mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas dengan baik
- Pembelajaran yang berpusat pada siswa dapat terlaksana
- Penerapan soal evaluasi belajar berorientasi HOTS
- Penggunaan media pembelajaran yang berbasis teknologi sangat membantu pemahaman siswa akan materi dan dibuktikan dengan hasil evaluasi belajar PPL 2 = 86 % di atas KKM.
- Rencana tindak lanjut untuk peserta yang memiliki hasil evaluasi di atas KKM atau tinggi akan di laksanakan pengayaan, sedangkan peserta didik yang memiliki hasil evaluasi rendah (14 %) akan di adakan remidiasi
Respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran ini adalah sangat positif, peserta didik antusias dalam pembelajaran dan media yang digunakan membantu peserta didik dalam memahami materi yang diajarkan.
Faktor keberhasilan pembelajaran ini sangat ditentukan dengan penguasaan guru terhadap media pembelajaran, model dan langkah-langkah pada rencana pelaksanaan pembelajaran yang sudah dibuat yang mengacu pada TPACK dan HOTS
Pembelajaran yang bisa diambil dari proses dan kegiatan yang sudah guru lalukan adalah lebih memahami penggunaan model dan metode pembelajaran yang akan digunakan, pemahaman mengenai penggunaan teknologi pada pembelajaran meningkat dan guru harus lebih kreatif dan inovatif memilih model,metode dan media pembelajaran agar pembelajaran lebih menantang dan menyenangkan. Selain itu guru harus terus belajar sesuai dengan perkembangan zaman dan dapat mengembangkan diri serta menigkatkan kompetensinya untuk meningkatkan kualitas pendidikan