Workshop Penyusunan Bahan Ajar (Manual dan Digital) pada SMK CoE

Program Sekolah Menengah Kejuruan Center Of Excellence (Pusat Keunggulan) adalah bahwa SMK Pusat Keunggulan melaksanakan kemitraan link and match secara menyeluruh sesuai kesepakatan dengan dunia kerja. SMK Negeri 3 Sorong sebagai salah satu SMK yang ditunjuk Dirjen Pendidikan Vokasi sebagai SMK Pusat Center Of Excellence (Pusat Keunggulan) sejak tahun 2020 berkomitmen untuk melaksanakan program SMK CoE.

Menurut Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Wikan Sakarinto, S.T., M.Sc., Ph.D. mengatakan bahwa SMK CoE perlu melaksanakan link and super macth yaitu 1) Kurikulum disusun bersama, 2) Pembelajaran berbasis projek riil, 3) Guru industri, 4) PKL di industri, 5) Sertifikasi kompetensi, 6) Update teknologi dan pelatihan bagi guru, 7) Riset terapan teaching factory, 8) Komitem serapan, serta 9) keterlibatan dunia kerja dengan penyelenggraan pendidikan.

Salah satu program link and super tersebut yaitu penyelarasan kurikulum bersama IDUKA dan pembuatan bahan ajar digital bersama IDUKA.

Sebagai Sekolah Menengah Kejuruan SMK CoE, SMKN 3 Sorong melaksanakan Workshop Penyusunan Bahan ajar Digital yang bertempat di Ruang ACP SMKN 3 Sorong pada tanggal 19-21 Januari 2021. Peserta kegiatan ini adalah seluruh Guru SMKN 3 Sorong yang dilaksanakan secara kombinasi (daring dan luring).

Materi yang disampaikan pada workshop penyusunan bahan ajar digital bagi para guru yaitu berupa pelatihan membuat bahan ajar dengan layanan Google Suite Education, pengelolaan pembelajaran dan pembuatan media ajar digital yang menarik.

Sebagai pembawa materi adalah Bapak M. Dwiyanto Tobi, ST.,MT selaku Google Educator Lv. 2 dan Ibu Sri Ida Lumbantobing, ST sebagai Google Master Trainner SMKN 3 Sorong.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Bapak Umar Singgih, S.Pd dalam sambutannya dan sekaligus membuka secara kegiatan ini secara resmi menyampaikan workshop ini bertujuan memberi keterampilan bagi guru dalam membuat bahan ajar digital dengan mudah dan dengan spesifikasi perangkat yang tidak terlalu tinggi. Dengan adanya workshop ini diharapkan guru SMKN 3 Sorong mampu membuat dan mengembangkan bahan ajar digital yang inovatif, kreatif dan menarik bagi siswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *