Analisis terhadap implementasi rencana aksi dengan menggunakan metode STAR (situasi-tantangan-aksi-refleksi)

Judul Artikel : Analisis terhadap implementasi rencana aksi dengan menggunakan metode STAR (situasi-tantangan-aksi-refleksi)

Penulis : Sri Ida Hernawaty Lumbantobing, ST (Guru Kejuruan DPIB)

 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah:

  1. Mapel Konsentrasi 1 – Desain Pemodelan Bangunan (Menggambar menggunakan aplikasi AutoCad) dari jam 1 – 9, seringkali membuat siswa bosan/ jenuh di depan PC/ komputer. Juga sangat tergantung ketersediaan listrik, jika ada pemadaman akan sangat menggangu pembelajaran.
  2. Adanya shift pemakaian PC karena jumlah PC yang kurang membuat siswa bosan/ jenuh karena tidak berkegiatan.
  3. Guru disibukkan dengan tugas tambahan, jadi kurang mempersiapkan pembelajaran.
  4. Kemampuan guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran kurang

 

Tantangan yang dihadapi penulis pada saat pelaksanaan praktik: 

  1. Terjadi Bencana banjir di kota sorong (22-25 Agustus 2022), SMKN 3 Sorong terkena dampaknya semua peralatan bengkel DPIB (PC/ Komputer rusak dan ruang belajar/ bengkel berlumpur).
  2. Situasi dan kondisi di kota Sorong, seperti tawuran pelajar sehingga sekolah diliburkan untuk antisipasi keamanan.
  3. Anak menganggap dunia game lebih menarik dan menyenangkan.
  4. Sering kali siswa memiliki pemikiran bahwa sebuah pelajaran susah atau membosankan menjadi penyebab munculnya rasa tidak suka pada sebuah pelajaran. Rasa takut akan mengalami kesulitan saat belajar membuat siswa secara tidak sadar menolakuntuk menerima pelajaran yang Guru ajar.

 

Aksi

Melalui pembelajaran dengan menggunakan model PBL dengan metode tanya jawab, permainan tebak gambar, demonstrasi dan media Powerpoint, quizizz:

  1. Peserta didik dapat termotivasi mengidentifikasi perintah dasar gambar 2D pada aplikasi Autocad
  2. Peserta didik dapat termotivasi menggambar 2D dengan menggunakan perintah dasar gambar 2D pada Aplikasi Autocad dengan bena

 

Kegiatan Awal (10 menit)

  • Guru menyapa siswa dan meminta salah satu siswa memulai pembelajaran dengan berdoa bersama
  • Guru melakukan pemeriksaan kehadiran.
  • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai yaitu:
  1. Peserta didik dapat menggambar dengan icon line pada aplikasi AutoCad dengan benar à C3
  2. Peserta didik dapat menggambar dengan icon polyline pada aplikasi AutoCad dengan benar à C3
  3. Peserta didik dapat menggambar dengan icon construction Line pada aplikasi AutoCad dengan benar à C3
  4. Peserta didik dapat menggambar dengan icon multi Line pada aplikasi I AutoCad dengan benar à C3
  5. Peserta didik dapat menggambar dengan icon rectangle pada aplikasi AutoCad dengan benar à C3
  6. Peserta didik dapat menggambar dengan icon polygon pada aplikasi AutoCad dengan benar à C3
  • Guru memberikan motivasi kepada peserta didik tentang apa yang dapat diperoleh dengan mempelajari materi Perintah dasar gambar 2D akan membuat pekerjaan juru gambar menjadi lebih cepat dan lebih cermat karena dapat mengggambar menggunakan icon yang tersedia di aplikasi AutoCad dengan tepat.
  • Guru menyampaikan penilaian sikap, keterampilan yang akan diamati selama pembelajaran dan penilaian pengetahuan melalui google form
  • Guru menyampaikan K3 menggambar dengan computer, memastikan setiap colokan dan kabel2 tidak mengganggu aktivitas gerak dan pastikan tangan dalam kondisi kering.

 

Kegiatan Inti

  1. Guru memberikan pertanyaan kepada peserta didik disebut apa tombol-tombol yang berisi perintah-perintah AutoCad agar dapat digunakan dengan cepat? (review materi sebelumnya)
  2. Peserta didik diberikan kesempatan untuk memberikan pendapatnya sesuai dengan pertanyaan guru.
  3. Guru memberikan apresiasi kepada peserta didik untuk setiap jawaban yang diberikan dalam bentuk pujian, ucapan selamat, atau ungkapan kebanggaan.
  4. Guru memberikan pertanyaan kepada peserta didik bagaimana cara menampilkan toolbar pada lembar kerja AutoCad?
  5. Peserta didik diberikan kesempatan untuk memberikan pendapatnya sesuai dengan pertanyaan guru.
  6. Guru memberikan apresiasi kepada peserta didik untuk setiap jawaban yang diberikan dalam bentuk pujian, ucapan selamat, atau ungkapan kebanggaan.
  7. Guru memberikan pertanyaan kepada peserta didik tentang bagaian-bagian yang terdapat pada tampilan layar AutoCad? (review materi sebelumnya)
  8. Peserta didik diberikan kesempatan untuk memberikan pendapatnya sesuai dengan pertanyaan guru.
  9. Guru memberikan feedback atas jawaban siswa.
  10. Guru memberikan apresiasi kepada peserta didik untuk setiap jawaban yang diberikan dalam bentuk pujian, ucapan selamat, atau ungkapan kebanggaan.
  11. Guru mengajak peserta didik memperhatikan materi Perintah dasar gambar 2D yang akan dijelaskan Guru menggunakan Power poin dan demonstrasi dengan aplikasi AutoCad
  12. Peserta didik memperhatikan penjelasan guru
  13. Peserta didik diberikan kesempatan untuk bertanya tentang hal-hal yang belum dimengerti dan peserta didik melakukan kegiatan sesuai yang didemostrasikan Guru untuk mengeksplorasi materi sesuai dengan LKPD Keterampilan
  14. Guru membimbing pesera didik dalam melakukan kegiatan yang didemonstrasikan sesuai LKPD keterampilan
  15. Guru memberikan apresisi kepada peserta didik dalam bentuk pujian, ucapan selamat, atau ungkapan kebanggaan bagi peserta yang sudah dapat melakukan kegiatan sesuai yang diminta Guru
  16. Guru melakukan penilaian sikap dan keterampilan menggunakan instrument penilaian sikap dan keterampilan melalui pengamatan
  17. Guru mereview materi yang sudah diberikan melalui permainan mencocokkan icon AutoCad pada papan panel yang sudah disiapkan
  18. Guru memberikan apresiasi kepada peserta didik untuk setiap jawaban yang diberikan dalam bentuk pujian, ucapan selamat dan memberikan reward berupa permen/ snak

 

Kegiatan Akhir

  1. Peserta didik dapat merangkum atau menyimpulkan materi Perintah dasar gambar 2D
  2. Peserta didik dapat memberikan penilaian baik dalam bentuk emotion tertentu untuk menunjukkan pemahaman tentang topik hari ini dan proses pembelajaran hari ini.
  3. Guru menyampaikan tugas yang harus dikerjakan siswa berupa tes tertulis menggunakan quiziz yang linknya akan dibagikan di WA group dan classroom
  4. Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya yaitu: Perintah Dasar Memodifikasi Gambar 2D
  5. Guru meminta siswa membereskan dan merapikan setiap peralatan yang digunakan, memastikan colokan listrik dicabut.
  6. Peserta didik bersama guru berdoa bersama dipimpin salah satu siswa.

 

Refleksi Hasil dan dampak:

  1. Peserta didik dapat termotivasi mengidentifikasi perintah dasar gambar 2D pada aplikasi Autocad.
  2. Peserta didik dapat termotivasi menggambar 2D dengan menggunakan perintah dasar gambar 2D pada Aplikasi Autocad dengan bena
  3. Permainan tebak gambar membantu siswa mengingat lebih lama perintah dasar gambar 2D pada aplikasi AutoCad, dan diminati siswa karena ada rewardnya.
  4. Quiziz sangat diminati siswa seperti permainan game sehingga suasana pembelajaran lebih menyenangkan.


 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *