PENERAPAN RENCANA AKSI MENGGUNAKAN PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE STAR (SITUASI, TANTANGAN, AKSI DAN REFLEKSI)

Penulis : Nurhayati, S.Pd

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah kurangnya motivasi peserta didik pada pembelajaran matematika adalah

  1. Peserta didik malas masuk kelas pada saat pembelajaran matematika.
  2. Peserta didik sering bermain handphone.
  3. Guru terlalu monoton dalam menyampaikan materi.
  4. Peserta didik lebih tertarik memilih ke bengkel jurusan ketika pembelajaran matematika berlangsung

 

Tujuan Rencana Aksi.

  1. Dengan mengaitkan materi matematika dengan materi produktif diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa.
  2. Dengan menggunakan model, metode dan strategi yang inovatif dapat

meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar matematika.

 

 

 

 

Tantangan yang Dihadapi

 

  1. Pembelajaran matematika jarang dimulai dengan mengajukan masalah kontekstual yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari peserta didik, terutama berkaitan dengan kompetensi keahliannya.
  2. Kurangnya wawasan guru mengenai materi produktif yang berkaitan dengan materi matematika.

 

Aksi

Langkah-langkah yang dilakukan untuk menghadapi tantangan di atas adalah :

  1. Pemilihan Model Pembelajaran
  2. Strategi yang dilakukan guru dalam memilih model pembelajaran adalah dengan memahami karakteristik siswa dan karakteristik materi. Berdasarkan hal itu, saya memilih model pembelajaran Problem Based Learning dengan mengangkat masalah kontekstual yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari peserta didik yang berkaitan dengan kompetensi keahliannya.
  3. Proses pemilihan model ini, pertama guru mempelajari apa saja model-model dalam pembelajaran, lalu memahami karakteristik siswa dengan melihat kemampuan dasar dan kebiasaan siswa. Lalu melihat karakteristik materi dengan mempelajari materi pembelajaran yang terdapat dalam Buku Guru dan Buku Siswa.
  4. Sumber daya yang diperlukan dalam pemilihan model ini antara lain pemahaman /kompetensi guru akan model pembelajaran PBL dan juga pemahaman guru akan materi pembelajaran.

 

  1. Pemilihan Media Pembelajaran
  2. Strategi yang dilakukan guru dalam memilih media pembelajaran adalah dengan menggunakan media berbasis teknologi seperti media power point dipakai untuk presentasi pembelajaran, media digital berupa video dari youtube untuk meningkatkan motivasi peserta didik dan aplikasi google form untuk evaluasi pengetahuan siswa.
  3. Proses pembuatan media ini dimulai dari analisa materi serta konten yang dapat diadaptasi ke dalam aplikasi tersebut, kemudian merancang menu apa saja yang ada di media pembelajaran. Kemudian mengintegrasikan aplikasi google form dan video kedalam power point
  4. Sumber daya yang diperlukan untuk membuat media pembelajaran ini adalah jaringan internet, kompetensi guru dalam menggunakan aplikasi power point dan aplikasi google form serta perangkat pendukungnya seperti leptop

 

Refleksi Hasil Dan Dampak

Dampak dari aksi dari langkah-langkah yang dilakukan dirasa hasilnya efektif dan dapat dilihat dari :

  1. Pemilihan model pembelajaran dan juga kegiatan yang berpusat pada siswa sangat meningkatkan keaktifan siswa saat proses pembelajaran sehingga siswa termotivasi untuk belajar.
  2. Penggunaan media pembelajaran yang berbasis teknologi sangat membantu pemahaman siswa akan materi dan dibuktikan dengan hasil pembelajaran siswa di atas KKM.

 

Respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran ini adalah sangat positif, siswa antusias dalam pembelajaran dan media yang digunakan membantu siswa dalam memahami materi yang diajarkan.

 

Faktor keberhasilan pembelajaran ini sangat ditentukan dengan penguasaan guru terhadap media pembelajaran, model dan langkah-langkah pada rencana pelaksanaan pembelajaran yang sudah dibuat.

 

Pembelajaran yang bisa diambil dari proses dan kegiatan yang sudah guru lalukan adalah guru harus lebih kreatif dan inovatif dalam memilih model, metode dan media pembelajaran  sehingga tujuan pembelajaran tercapa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *